SOAL UP UKMPPG DAN JAWABAN KOMPETENSI PEDAGOGIK SEMUA JURUSAN TAHUN 2018 HALAMAN 3
61. Learning dalam behaviorisme menekankan adanya : a. Perubahan perilaku b. Interaksi terus-menerus c. Pemaknaan informasi baru d. Perubahan pengetahuan |
62. Menurut konstruktivisme, pengetahuan tentang : a. Hasil dari interaksi dan paradigma Stimulus – Respons b. Hasil konstruksi yang dibangun sendiri oleh pembelajar c. Hasil kerja kelompok yang selalu bertambah d. Hasil temuan mata aturan yang menjadi sumbernya |
63. Praktek proses sangat cocok untuk matpel a. Ketrampilan b. Sains c. Sastra d. Ilmu sosial |
64. Tidak termasuk dalam ranah kompetensi kepribadian seorang guru adalah bicara santun namun efektif.. a. Kepada murid dan sejawat b. Kepada KS maupun orang lain c. Dalam rapat guru maupun di kelas |
d. Komunikasi dalam penelitian |
65. Tidak termasuk dalam komponen mengajar seorang guru, adalah kemampuan ... a. Menyusun dan mengembangkan alat evaluasi b. Menggunakan/memanfaatkan media pembelajaran c. Berkomunikasi secara santun namun efektif dengan murid dan pengawas d. Menanamkan kebiasaan tidak boleh mencontoh saat ulangan |
66. Seorang guru berencana membeli dan membaca buku tentang asesment pembelajaran. Rencana tersebut menunjukkan keinginan guru mengembangkan ciri: a. Kompetensi pedagogic b. Kompetensi sosial c. Kompetensi kepribadian d. Kompetensi professional |
67. Keinginan dan usaha untuk tidak terlambat datang ke sekolah merupakan ranah: a. Kompetensi sosial b. Kompetensi kepribadian c. Kompetensi profesional d. Kompetensi pedagogic |
68. Dalam satu sekolah beberapa orang guru sebidang bekerja dan merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses hasil pembelajaran. Kegiatan tersebut merupakan usaha guru untuk mengembangkan diri ranah: a. Kompetensi sosial dan pedagogic b. Kompetensi profesional dan pedagogic c. Kompetensi kepribadian dan profesional d. Kompetensi kepribadian dan social |
69. Seorang guru menyusun RPP harus dilandasi kesadaran bahwa : a. RPP merupakan bagian dari administrasi sekolah b. Proses pembelajaran merupakan kegiatan yang harus direncanakan c. RPP merupakan bagian kelengkapan Portofolio sertifikasi d. Proses pembelajaran merupakan proses yang harus didokumentasi |
70. Seorang guru yang perokok membiasakan diri untuk tidak merokok di kelas, di ruang guru, di ruang tatib sekolah, dan di ruang BK maupun dalam rapat guru. Guru perokok tersebut tengah mengembangkan diri dalam ranah tersebut tengah mengembangkan diri dalam ranah a. Kompetensi profesional b. Kompetensi kepribadian c. Kompetensi sosial d. Kompetensi pedagogic |
71. Paikem adalah pembelajaran yang : a. Efektif, intrinsik, komunikatif, efektif dan menyenangkan b. Aktif, inovatif, kreatif, edukatif dan menyenangkan c. Aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan d. Pembelajaran Aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan |
72. Expert group pada belajar korperatif mendiskusikan a. Masalah tiap-tiap kelompok yang ada b. Masalah tiap-tiap kelompok beda dari tiap-tiap kelompok c. Masalah tiap-tiap yang didiskusikan pada kelompok d. Masalah dari tiap-tiap kelompok secara mendalam |
73. Untuk mendorong dan membuat siswa menjadi lebih aktif dan terbuka untuk memberi |
jawaban secara sukarela guru dapat menerapkan a. Brain storming b. Concept mapping c. Quickstioning d. Role playing |
74. Problem salving dan discovery learning dapat meningkatkan kerampilan siswa dalam hal : a. Individual thinking b. Direct thinking c. Critical thinking d. Personal thinking Pemilihan |
75. Pemilihan satu modul pembelajaran terutama dilakukan berdasarkan a. Standar kompetensi, ciri mata pelajaran atau pokok bahasan b. Teori yang dipahami guru c. Keinginan dan putusan bersama d. Tersedianya waktu dan dana yang ada |
76. Prinsip Coorperatif Learning, kecuali a. Kerja sama mencapai tujuan b. Kemampuan kerja individu c. Saling interaksi d. Saling tergantung tapi saling memberi: |
77. Memilih media, mempertimbangkan a. Kesesuaian media dengan tujuan, materi dan perkembangan siswa b. Kecanggihan media c. Keseuaian media dengan paradigma pembelajaran d. Kelengkapan dan kualitas media |
78. Guru menggunakan media dalam mengajar karena a. Tuntutan kurikulum b. Anjuran KS c. Media membatu siswa agar lebih mudah memahami d. Keberadaan media mengurangi beban tugas guru |
79. Penggunaan Media efektif bila a. Dapat membantu guru mempercepat materi b. Dapat meningkatkan motivasi siswa melalui bermain c. Dapat meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa d. Dapat menyelesaikan materi ajar melebihi target |
80. Keuntungan media di buat guru, kecuali: a. Sesuai dengan tingkat/karakteristik belajar b. Sesuai dengan tingkat tujuan yang dicapai c. Sesuai dengan tingkat karakteristik guru d. Sesuai dengan materi yang disajikan |
81. Setelah membaca teks siswa diharapkan mengidentifikasikan sedikitnya 5 kata kerja dengan tepat untuk itu guru menggunakan media teks, pertanyaan ini berkaitan dengan kriteria … a. Kesesuaian b. Tingkat kesulitan c. Ketersediaan d. Kualitas teknis |
82. Media yang kita gunakan di kelas hendaknya memiliki tingkat kejelasan bagi siswa termasuk tulisan guru harus bisa dibaca oleh siswa. Ini berkaitan dengan kriteria : a. Kesesuaian b. tingkat kesulitan c. ketersediaan d. kualitas teknis |
83. Hasil kegiatan berikut yang paling tepat diukur dengan non tes adalah : a. kemampuan siswa memahami materi b. keaktifan siswa belajar di kelas c. keaktifan siswa menulis karangan d. ketrampilan siswa menulis paparan / cerita |
84. Penilaian dengan portofolio bertujuan untuk mengetahui perkembangan : a. kemampuan memahami materi b. siswa mengerjakan tugas c. kerajinan dan kreatifitas siswa d. hasil belajar siswa secara keseluruhan |
85. Kegiatan belajar berikut yang tepat dievaluasi tes kinerja.. a. Berhitung (matematika) b. Memecahkan masalah c. Melakukan percobaan d. Membuat karya tulis |
86. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan di kelas, seorang guru melakukan kegiatan berikut 1.Menganalisis hasil ujian siswa sebelum menentukan jumlah siswa yang belum tuntas 2.Memisahkan siswa yang nilainya di atas dan di bawah standar kemudian memilih metode mengajar yang berbeda untuk kedua kelompok. 3. Melakukan refleksi terhadap kelemahan metode yang digunakan dan memperbarui pada pelajaran berikutnya 4. Menerapkan metode mengajar bagi siswa yang menjalani remidi Kegiatan yang dapat memperbaiki kualitas pembelajaran guru di kelas adalah : a. 1, 2, 3 b. 1 dan 2 c. 2 dan 4 d. 1, 2, 3 dan 4 |
87. Kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan kelanjutan kecakapan hidup ( life skill) bagi anak didik adalah …………… a. mempresentasikan hasil diskusi b. membuat karya tulis c. membuat model d. kerjasama dengan kelompok. |
88. Dalam mengembangkan alat evalusi guru harus memperhatikan : a. kompetensi dasar, indikator, dan materi ajar dan SKBM. b. kesesuaian dengan materi ajar, soal harus mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. c. Hasil belajar soal hrs dibuat sedemikian rupa, agar sebagian besar siswa mencapai standar ketuntasan belajar minimal (SKBM) d. Analisis hasil evaluasi tdk harus dilakukan karena nilai yg diperoleh rata-rata dengan nilai ujian pada materi selanjutnya |
89. Pernyataan berikut yang benar tentang assesment adalah : a. proses pengukuran tes untuk mengetahui tkt pemahaman siswa setelah mengikuti pelajaran. b. proses pengumpulan informasi tentang peserta didik berkenaan dengan apa yang mereka ketahui dan apa yang dapat mereka lakukan. c. melakukan penilaian kemampuan siswa menerima pelajaran d. proses penilaian tkt kecerdasan siswa. |
90. Tulisan karya ilmiah skripsi, thesis, desertasi tergolong karya ilmiah yang : a. disajikan dalam bentuk artikel atau makalah b. ditulis berdasarkan bukan hasil riset c. kajian ilmiah yang ditulis dari hasil riset d. berupa kajian teoritis |
HALAMAN SELANJUTNYA KEMBALI
Komentar
Posting Komentar